Profil Kampus

Profil Singkat Kampus

IAIN Samarinda merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Islam di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Embrio IAIN Samarinda telah ada sejak awal berdirinya ditahun 1964. Perjalanan panjang sampai berdirinya kampus sampai dengan saat ini menjadikan perguruan tinggi ini memiliki bekal pengalaman yang cukup dalam mengelola perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu berkompetisi ditengah-tengah masyarakat. IAIN Samarinda memiliki komitmen dalam mencetak generasi profesional yang islami yang memiliki keunggulan kompetitif baik di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

IAIN Samarinda secara geografis terletak di area yang sangat strategis dengan akses yang mudah dijangkau dari segenap penjuru. Dengan memiliki dua buah kampus dengan total area mencapai 18 hektar dengan lingkungan yang sejuk sangat representatif dan mendukung proses pendidikan untuk mengantarkan generasi muda menuju generasi emas dimasa mendatang dengan perpaduan yang berimbang antara imtek dan imtaq.

IAIN Samarinda telah menyelenggarakan Program pendidikan Strata Satu (S1) dan Program Pascasarjana (S2) dengan total mahasiswa lebih dari 4000 yang berasal dari berbagai wilayah yang tidak hanya dari dalam negeri namun juga dari luar negeri seperti Thailand dan Malaysia.

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta lulusan yang dihasilkan IAIN Samarinda terus meningkatkan jaringan kerjasama dalam berbagai bidang seperti kerjasama peningkatan mutu pendidikan, kerjasama penelitian, pembinaan mental spiritual, dll. Bentuk kerjasama tersebut tidak hanya dalam jangkauan dalam negeri saja namun juga kerjasama luar negeri seperti pertukaran mahasiswa antar negara, program kerjasama dibidang research antar negara, seminar internasional, dll.

Dukungan dosen yang mencukupi dengan jumlah tidak kurang dari 200 dosen dari berbagai disiplin keilmuan yang relevan yang merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri seperti Mesir, Amerika, Selandia Baru, Australia, dll.  Dengan tingkat pendidikan / jabatan yang dimiliki mulai Guru Besar, Doktor, dan Magister, dimana lebih dari 50% diantaranya telah lulus S3.

Dalam rangka pemantapan dan percepatan pemahaman serta penguasaan keilmuan bagi mahasiswa, IAIN Samarinda melalui program Pesantren Kampus/Pesantren Mahasiswa sebagai salah satu program unggulan menyelenggarakan program pembelajaran secara lebih intensif khususnya dalam penguasaan dan pemahaman Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Qiraatul Qur’an serta Tahfizul Qur’an.

IAIN Samarinda juga memiliki kelas unggulan yang dihuni oleh para mahasiswa melalui proses seleksi yang sangat ketat dan kompetitif yang ditinjau berdasarkan aspek kemampuan akademik serta prestasi lain yang dimilikinya. Mahasiswa dari kelas unggulan ini diproyeksikan untuk mampu berakselerasi sehingga dapat menyelesaikan perkuliahan dalam waktu yang relatif lebih cepat dari kelas reguler pada umumnya.

Dari Aspek sarana dan prasarana kuliah IAIN Samarinda memiliki ruang kuliah yang representatif dan memadahi dengan dukungan fasilitas perkuliahan yang lengkap seperti LCD Projector, Air Conditioner, Free Internet Hotspot, Area Parkir Luas, Sarana Olah Raga, Perpustakaan megah, serta ketersediaan laboratorium terpadu seperti Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Ilmu Falaq, Laboratorium Peradilan, Laboratorium PAUD, Laboratorium Pengawasan Obtan dan Makanan, Laboratorium  Multimedia dan Studio Shooting, Radio Kampus, dll memberikan keberimbangan dalam konsep teoris dan praktis di dalamnya.

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat luas khususnya dari daerah terluar, terpencil dan tertinggal serta dari keluarga kurang mampu berbagai jenis program beasiswa terus ditingkatkan baik dari sisi jumlah dan jenisnya meliputi beasiswa Kurang Mampu Berprestasi, Bidikmisi, Beasiswa Dipa IAIN, UKT/BKT golongan rendah, dll.

Dari aspek akademik dan kemahasiswaan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat luas IAIN Samarinda telah menerapkan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) online yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu sehingga fleksibilitas dan aksesibilitas administrasi akademik dapat diberikan selama 24 jam. Dibidang kemahasiswaan ada berbagai Unit Kegiatan Kemahasiswaan yang bisa dipilih dalam rangka pengembangan minat dan bakat mahasiswa seperti Badan eksekutif Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam, English Club, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi, Unit Kesenian, Palang Merah Remaja, Sport Club, dll.